Rabu, 09 Februari 2011

contoh RPP bahasa arab

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah : SMP N 1 Curup Kota
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/Semester : VIII
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran

A. Standar Kompetensi
Memahami dan mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri dan kehidupan sekolah
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menyimak
Mengidentifikasi bunyi ujaran dalam suatu konteks dengan mencocokkan , menjodohkan dan membedakan secara tepat.

2.2 Berbicara
Menyampaikan informasi secara lisan dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat.
C. Indikator
1. Menirukan ujaran dengan lafal dan intonasi yang tepat.
2. Melafalkan ujaran dengan intonasi yang tepat
3. Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
4. Mempraktekkan wacana lisan yang didengar
D. Materi Pembelajaran
Materi yang akan disampaikan dalam mata pelajaran ini adalah materi mengenai tema kehidupan sekolah. Meliputi ungkapan rasa suka, mis; انا احب اللغة العربية . Ungkapan tentang waktu, mis; كم الساعة اليوم؟
E. Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah metode langsung. Karena metode ini lebih menitik-beratkan pada kegiatan-kegiatan menyimak dan mengungkapkan secara langsung kata, frasa atau kalimat yang didengar. Yaitu berupa kegiatan menirukan atau melafalkan apa yang diucapkan guru. Diharapkan dengan penerapan metode ini, sisw akan menjadi lebih terbiasa dalam mengingat, menyimak serta mengungkapkan informasi dengan baik dan benar.
F. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan awal :
a. Guru mengucapkan salam
b. Guru mengabsen dan menyapa siswa dengan bahasa-bahasa sehari-hari yang mudah diingat siswa.
c. Guru mengingatkan kembali materi yang telah diajari (Come Back) dan memberikan stimulus untuk memahami tema materi yang akan diajarkan serta memberikan motivasi dalam hal-hal pembelajaran.

2. Kegiatan inti :
a. Guru membacakan qiro’ah/hiwar dan siswa menyimak
b. Guru membacakan hiwar dan siswa diminta menirukan
c. Guru menanyakan arti mufrodat-mufrodat baru yang belum diketahui siswa, dan menulisnya di papan tulis dan mengartikannya bersama-sama.
d. Guru meminta beberapa siswa untuk mengambil kesimpulan, ide, gagasan yang terkandung dalam hiwar/qiro’ah yang telah dipelajari.
e. Guru meminta siswa untuk bermain peran (demonstrasi) sesuai dengan hiwar.
f. Guru membahas dan menjelaskan kesimpulan, ide dan gagasan yang terkandung dalam hiwar/qiro’ah.

3. Kegiatan akhir :
a. Guru bersama-sama siswa merefleksi dan mengevaluasi pembelajaran (tanya jawab secara langsung terkait materi yang telah diajarkan.
b. Penutup dan salam
G. Alat, Media dan Sumber Belajar
Sumber yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Buku LKS Al Hakim untuk Madrasah Aliyah Kelas X semester II
H. Penilaian
Penilaian terdiri dari penilaian praktek demonstrasi di depan kelas dan tanya jawab secara langsung seputar qiro’ah dan hiwar.

Curup, 10 Februari 2011
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Curup Guru Mata Pelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar